Lampost di SD Fransiskus 2 - kliping1 2008

Minggu, 3 Februari 2008

DUNIA ANAK



SD Fransiskus 2:Banyak Mengukir Prestasi

HAI temanku semua.... Kita jumpa kembali di rubrik Dunia Anak Lampung Post setelah sekian lama tidak bersua. Duh senangnya bisa menjumpai kalian semua. Kini, saatnya kami hadir kembali dengan tulisan hasil kunjungan melihat beragam aktivitas teman-temanmu ke berbagai sekolah.

Teman-teman, Rabu (30-1) lalu, Tim Dunia Anak Lampung Post mengunjungi SD Fransiskus 2 Bandar Lampung, yang berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda No.10 C Rawa Laut, Bandar Lampung. Sekolah dengan nilai akreditasi A ini berada di bawah Yayasan Dwi Bakti Bandar Lampung dan berdiri pada 1 Agustus 1963. Teman-temanmu yang menuntut ilmu di sekolah ini berjumlah 890 orang. Wah banyak ya. Jadi, tidak heran suasana sekolah ketika masuk sekolah, jam istirahat dan waktunya pulang, selalu hiruk pikuk.

Ssstt, bukan hanya siswanya yang banyak, sekolah ini juga memiliki keunggulan prestasi. Tahun 2006, temanmu bernama Christian Jonatan meraih medali perak pada lomba prestasi dan kreativitas siswa dalam rangka Gebyar Pendidikan Khusus dan Pendidian Layanan Khusus tingkat nasional. Selanjutnya, dia juga meraih medali perunggu pada Olimpiade Sains Nasional tingkat SD/MI pada mata pelajaran Matematika.

Teman lainnya, Keza Wibowo, meraih juara harapan kedua cerdas cermat IPA dan Aritmetika pada lomba jambore dan gebyar siswa sekolah luar biasa atau pendidikan khusus dan pendidikan layanan khusus tingkat nasional tahun 2007. Pada event yang sama, Orima Melati Davey menduduki peringkat terbaik ketujuh dari 33 perwakilan provinsi pada mata pelajaran Bahasa Inggris.

Prestasi menakjubkan juga berhasil diraih pada awal tahun ini. Sekolah meraih predikat juara umum kedua lomba mata pelajaran SD swasta se-Kota Bandar Lampung. Wilson Hartanto Hasan meraih juara pertama bidang studi Matematika, Averina E.R. meraih juara kedua IPA, Dixie A. meraih juara ketiga Bahasa Indonesia, Velita G.S. meraih juara ketiga Bahasa Inggris, dan Ivan Johan meraih juara ketiga PPKn.

Di bidang seni pun mereka unggul. Pada lomba mata pelajaran siswa SD swasta se-Kota Bandar Lampung itu, sekolah ini memenangkan lomba melukis atas nama Liny Oscar meraih juara pertama dan Ardi Sabrina juara ketiga. Sedangkan pada lomba paduan suara Veronica meraih juara ketiga. Sekolah ini pun dua kali mewakili Lampung, mengikuti lomba paduan suara tingkat nasional pada 2005 dan 2006.

Kalian pasti penasaran, apa kunci keberhasilan teman-teman di SD Fransiskus 2 Bandar Lampung. Menurut Kepala Sekolah Suster M. Albertha F.S.G.M., kuncinya adalah pembinaan, yang sudah dilakukan sejak 2004. Teman-temanmu dibina dalam tim bernama Bina Siswa. Setiap siswa kelas IV yang pandai Matematika dan IPA bergabung dalam tim ini. Mereka juga harus menguasai bahasa Inggris lo karena soal-soal Olimpiade sekitar 25% menggunakan bahasa Inggris.

Nah, pembinaan rutin dilakukan sepekan sekali sepulang sekolah. Mereka pun siap menghadapi lomba Olimpiade Sains, kapan saja. Tetapi, hanya yang terbaik dari mereka, yang berkesempatan mewakili sekolah. Pembimbing Bina Siswa ini melibatkan empat guru, yaitu Ibu Agatha Dwi Indrawati pada bidang studi Matematika, Bapak Y. Maridi (IPA), Ibu L. Sutila (Matematika), dan Ibu Herni (IPA).

Kegiatan siswa tidak hanya itu. Semua siswa pun berhak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Dari kelas I, siswa sudah boleh ikut latihan menari, bina vokal, dan melukis. Kegiatan pramuka dan voli bisa diikuti mulai kelas III. Sedangkan belajar komputer menjadi kegiatan yang wajib diikuti mulai kelas I. Hmmm, asyik ya teman-temanmu di sini, kelas I, sudah mengenal komputer. Sekolah, juga mempunyai fasilitas lengkap, yaitu perpustakaan, laboratorium komputer dan laboratorium IPA. Rencana ke depan, sekolah ini bakal melengkapi fasilitas dengan laboratorium musik, galeri seni dan ruang tari. Galeri seni itu untuk memamerkan karya lukis dan karya kerajinan tangan siswa. Seru kan bersekolah di sini, sekolah menjadi menyenangkan deh.n DWI/M-1



Cetak Berita

No comments: