PENDIDIKAN PRA REMAJA



Pendidikan pra remaja sangatlah penting bagi anak-anak yang berusia 10-12 tahun, maka SD Fransiskus 2 memberikan pendidikan ini kepada siswa-siswinya.
 
Di jaman yang serba modern seperti saat ini banyak kita sebagai orang tua murid sangatlah tabu/malu untuk memberikan pendidikan pra remaja khususnya tentang sek kepada anak-anak kita. Dalam masa pubertas anak akan mengalami perubahan dalam dirinya, baik secara fisik, emosional, dan sosialnya.



Maka sangatlah menghawatirkan jika mereka tidak bisa mengendalikan, seperti main game online, nonton video yang kurang baik, dan tidak tahu apa itu sek. Sekarang anak-anak sudah bisa  dengan mudah mengakses internet lewat smartphone mereka yang didalamnya banyak sekali hal-hal atau konten-konten yang belum pantas untuk dikonsumsi oleh seorang anak, maka perlu adanya pendampingan dan pendidikan pra remaja.

Pendidikan pra remaja SD Fransiskus 2 dilaksanakan di Laverna selama 3 hari, disana siswa-siswi diajarkan kedisiplinan, kerjasama, kemandirian, melatih emosi, dan pendididkan sek lewat kegiatan-kegiatan yang terangkum dalam retret “Aku yang dikasihi”
Seperti semangat para pejuang mereka berlatih untuk tubuh sebagai pribadi yang baik dengan semangat “kiat super heronya” yaitu:

  1. Ketakutan membunuh kecerdasan
  2. Berpikir dahulu sebelum bertindak
  3. Aku adalah tuan atas diriku sendiri
  4. Ciptakan emas dari setiap peluang
  5. Dari yang terbatas menjadi tidak terbatas

Sepucuk surat dari anak tercinta adalah awal untuk menjadi pribadi yang lebih baik, semoga dengan kegiatan seperti ini dapat bermanfaat untuk perkembangan anak didik kita semuanya, walau kita juga perlu tahu kalau perubahan untuk menjadi yang baik itu tidaklah mudah seperti membalikkan telapak tangan, namun percayalah Tuhan akan selalu membibing dan menyertai kita semua. Amin











No comments: