Field Trip, Yes!

Satu kata untuk menjawab sudah cukup. Yaitu kata Yes! Demikian hal yang umum apabila anak-anak punya rasa yang senang dan bahagia dengan spontan menjawab atau memberikan responnya. Ini hal yang sudah biasa dimana saja dan bukan strategi rumit. Juga menjadi bagian yang utama dan disadari oleh para guru bahwa anak-anak memang harus dibawa dalam kegembiraan dalam hal belajar dan tidak selalu terbebani terus menerus dengan tugas-tugas tertulis di kelas. Karena menjadi tanggung jawab melekat untuk mewujudkannya agar kegiatan-kegiatan serupa dapat terlaksana.









Siapa pun di kelas yang mendengar rencana ini menunjukkan wajah yang ceria dan antusias. Tempat yang dipilih tentu tidaklah harus yang paling mahal, paling strategis karena dekat melainkan lebih condong atau dekat bertaut dengan materi belajarnya. Namun demikian hal-hal ekonomis di atas juga tetap menjadi pertimbangan, agar kegiatan dapat menjangkau semua peserta didik dengan waktu yang memadai.


Disela-sela fieldtrip kelas empat yang dilaksanakan seminggu yang lalu, mereka bermain kaki seribu dengan sangat heboh. Hiburan yang murah dan memeriahkan salah satu ruangan Amanjaya, usai mereka mendengar penjelasan dari Kak Kevin dan Kak Cyntia tentang lada dan minyak yang sedang diproses di sana. Wah ... seru ya...? apa rahasia kelompok mereka yang bisa memenangkan perlombaan ini ya? oh.. rupanya kekompakan mereka. Kunjugan yang terakhir kelas empat mengungunjungi PT. Bukit Asam, tempat dimana batubara diproses dan diekspor,

No comments: