Pesan dari meja PJOK



Semoga semangat yang hadir saat memasuki tahun baru 2018 masih melekat dalam diri kita dan untuk siswa-siswi ini adalah awal semester 2 sebagai penentu untuk naik ke tingkat kelas selanjutnya, lalu khusus kelas 6 harus mempersiapkan diri jelang ujian akhir sekolah hingga pada kelulusan nanti memperoleh peringkat yang diinginkan.
Semuanya akan berjalan dengan lancar jika kita semua sehat sehingga dapat belajar dengan baik. Untuk menjaga kesehatan tubuh kita dalam masa hujan sehari-hari yang mereka sering menyebut dibulan januari, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sehingga kita tidak mudah terserang penyakit akibat musim pancaroba seperti radang tenggorokan, masuk angin, flu, pilek, batuk dll.
Pertama banyak minum air putih, baik jika itu dalam keadaan hangat yang disajikan bersama dengan teh, madu, jahe hindari minum es,  caffein, berwarna/bersoda, dan alkohol.
Kedua banyak mengonsumsi makanan yang berserat, makan sayur, dan buah-buahan itu penting, lebih baik jika siswa-siswi itu tidak jajan, sarapan saat pergi kesekolah dan membawa bekal. Hindari makanan yang banyak mengandung radikal bebas seperti makanan siap saji, jajanan, ciki, makanan kemasan.
Ketiga istirahat yang cukup, dalam masa pertumbuhan seorang anak baik jika membiasakan untuk tidur siang, hindari bermain game dalam waktu lama, bermain yang lain dan terlalu lama sehingga membuat kelelahan, tidur terlalu malam.
Keempat olahraga yang cukup, olahraga yang benar harus mengikuti 3 tahapan yaitu pemanasan (dilakukan biasanya dalam bentuk peregangan tubuh, lari-lari kecil, permainan sederhana) inti olahraga (disesuaikan dengan hobi anak seperti berenang, voli, bulutangkis, tenis, futsal, atletik, dll) dan pendinginan (bisa dilakukan dalam bentuk tarik napas dalam-dalam, merebahkan diri/merilekskan tubuh, mendengarkan lagu)
Kelima berpikir positif, pikiran yang tenang, positif, menghindarkan diri dari kecemasan, stres, kelelahan otak. Dengan berpikir positif maka penyakit enggan untuk menghampiri kita, baik jika dilakukan refresing ketempat wisata bersama keluarga.
Semoga ini dapat bermanfaat untuk membantu kita agar tetap menjaga daya tahan tubuh sehingga kita dapat melakukan aktifitas sehari-hari dengan lancar dan melakukan hal-hal baik dalam kehidupan dimana kita tinggal.

No comments: